Saturday, April 23, 2016

Kursus Bahasa Inggris Jogja: 3 Games Seru Kosakata Bahasa Inggris

4/23/2016

Selamat datang kembali Sobat di blog "Kursus Bahasa Inggris Jogja". Games kosakata Bahasa Inggris Seru sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Pembelajaran bahasa, idealnya menggunakan games sangat membantu merangsang pemikiran dan memancing kemampuan kognitif dalam menangkap materi bahasa yang diberikan. Games bahasa haruslah bersifat menarik dan edukatif.  Disamping itu, games dapat merangsang kreativitas otak yang terkait dengan kefasihan menangkap makna dan pesan dalam bahasa. Oleh karena itu, games di bawah ini wajib kita praktekkan guys!
Kursus Bahasa Inggris Jogja - 3 Games Seru Kosakata Bahasa Inggris
Berikut adalah beberapa jenis games bahasa untuk belajar Bahasa Inggris yang patut dipertimbangkan untuk anak-anak kita:

Linking words

Games kosakata Bahasa Inggris seru yang pertama adalah linking words. Linking words adalah jenis games bahasa yang merupakan permainan penyambungan (linking) huruf terakhir dari kata-kata yang diberikan. Penyambungan dari huruf terakhir menghaslkan kata baru yang awalannya diambil dari huruf terakhir yang diucapkan oleh teman dalam kelompok.
Penyebutan kata-kata tersebut dilakukan secara berantai di antara teman satu tim kita secara terus-menerus dengan cara yang dijelaskan diatas sampai keseluruhan anggota dalam kelompok mendapat bagian menyebutkannya.

Hot seat

Games kosakata Bahasa Inggris seru yang tidak kalah menarik adalah hot seat. Hot seat adalah sebuah games yang menyerupai kuis tebak kata, yaitu salah satu anggota tim ditunjuk untuk duduk si sebuah kursi sambil mencoba menebak kata-kata yang ditulis di papan berdasarkan petunjuk dari anggota kelompok yang ada.



Berikut ini adalah aturan permainan hot seat, games seru untuk pembelajaran Bahasa Inggris:
  • Jumlah peserta minimal untuk menjalankan permainan ini adalah 6 orang
  • Peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan perbandingan anggota setiap kelompok harus minimal mendekati sama( bila anggota dalam kelompok berjumlah ganjil).
  • Siapkan beberapa kursi, sesuai dengan jumlah anggota kelompok. Satu kursi diletakkan di depan ruangan dengan posisi membelakangi papan tulis.
  • Mintalah salah seorang anggota kelompok untuk dan duduk pada di kursi yang diletakkan di depan ruangan.
  • Kemudian, mintalah salah seorang dari anggota kelompok untuk maju dan menuliskan beberapa kata pada papan tulis ( pada saat itu, anggota yang duduk pada kursi yang terletak di depan ruangan kelas tidak diperbolehkan melihat ke papan tulis)
  • Setelah itu, mintalah beberapa anggota kelompok untuk memberikan petunjuk kata-kata tersebut dalam Bahasa Inggris
  • Kelompok yang paling banyak memberikan petunjuk dan dapat ditebak dengan benar, dinyatakan sebagai kelompok  pemenang

Word Matching

Games kosakata Bahasa Inggris seru berikutnya adalah word matching. Permainan ini pada prinsipnya adalah untuk melatih kemampuan kosakata siswa. Permainan dapat dilakukan dalam kelompok kecil dengan materi atau jawaban yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.  Cara memainkan permainan ini adalah dengan memberikan sebuah kata pada teman bicara kita, kemudian teman kita itu akan mencari persamaan kata (sinonim) untuk kata-kata yang diberikan tersebut.  Untuk memudahkan dalam persiapan materi, ada baiknya mencari kata-kata yang akan dicari padanannya terlebh melalui alat bantu kamus elektronik. 
Kita sudahi dulu, Sobat. Semoga games tersebut bisa memacu Sobat lebih semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Karena Kondisi Pandemi, kami juga melayani kursus dan private secara Online. Untuk Info lebih lengkap tentang Nusantara Training Centre (NTC), bisa diakses melalui :

Blog    : ntc-english.com

Online :  +6281335947017

0 comments:

Post a Comment