Saturday, February 13, 2016

Belajar Structure Bahasa Inggris: Past Continuous

2/13/2016

Selamat datang kembali, Sobat! Semoga tidak bosan dengan sajian materi lanjutan "Belajar Structure Bahasa Inggris: Past Continuous", ini merupakan materi lanjutan sebelumnya yang telah diposting pada bagian lima kemarin "Belajar Structure Bahasa Inggris: Simple Past".
Belajar Structure Bahasa Inggris: Past Continuous

6. Past Continuous

Tentu Sobat masih ingat bukan mengenai kalimat continuous yaitu kalimat yang identik dengan kata "sedang". Past Continuous ini menceritakan suatu kejadian yang tengah dilakukan di masa lampau, misalnya; Kemarin saya datang ke rumah Dion ketika ia sedang tidur. Kalimat Past Continuous ini biasanya diikuti sinyal waktu yang menunjukan lampau, seperti kemarin, tiga hari yang lalu. Untuk memudahkan mengingat kalimat ini, Sobat dapat mengingat dua kata kunci penting "sedang dan lampau".

Pola

  • Positif: S + Was/Were + Ving

Contoh kalimat: Dion was sleeping when his friend came to his house yesterday.
  • Negatif: S + Was/Were + Not + Ving

Contoh kalimat: Dion was not sleeping when his frie\nd came to his house yesterday.
  • Tanya: Was/Were + S + Ving 

Contoh kalimat: Was Dion sleeping when his friend came to his house?

Penjelasan Was/Were

"Was" digunakan apabila subjek adalah kata ganti ketiga tunggal (he, she, it, nama orang), sedangkan "were" digunakan apabila subjeknya adalah kata ganti pertama tungal/jamak, kata ganti kedua tunggal/jamak, kata ganti ketiga jamak (I, we, you, they)

Ok, Sobat. Sampai disini dulu pembahasannya. Ingat Sobat, jangan pernah puas dari satu sumber, silahkan juga Sobat menelusuri kembali di referensi-referensi lain yang relevan. Semoga di esok hari kita dapat melanjutkan materinya. Terima kasih banyak atas kunjungan Sobat di blog Kursus Bahasa Inggris Jogja. See you...!


Karena Kondisi Pandemi, kami juga melayani kursus dan private secara Online. Untuk Info lebih lengkap tentang Nusantara Training Centre (NTC), bisa diakses melalui :

Blog    : ntc-english.com

Online :  +6281335947017

0 comments:

Post a Comment